Saturday, May 30, 2020

Cryptocurency dan Cara Menghasilkannya


Cryptocurrency merupakan sebutan lain untuk mata uang online atau mata uang crypto. Jika mata uang kertas dan koin yang biasa kita pegang dan sentuh disebut dengan mata uang dunia nyata, maka di dunia maya juga ada mata uang yang dinamakan dengan mata uang crypto. Di dunia nyata kita mengenal uang rupiah (Indonesia), uang rupee (india), uang ringgit (Malaysia) dan lain sebagainya. Sedangkan didunia maya kita akan menemukan mata uang jenis Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Litecoin (LTC) dan sebagainya.

Dalam dunia nyata, kita menghasilkan uang dengan bekerja, begitu pula dalam dunia maya. Uang yang dihasilkan dalam dunia maya dapat ditransfer dalam dunia nyata dan berlaku luas. Makin penasaran kan?, ok kita lanjut.

Sebenarnya uang dunia nyata jika kita simpan dalam bank maka uang itu tidaklah lagi dalam bentuk kertas dan koin melainkan sudah menjadi uang dalam bentuk digital (online). Dimana, setiap individu yang memiliki mobile banking dapat dengan mudah melakukan transfer dan mencairkannya di ATM dalam bentuk nyata. Pertanyaannya, apakah uang crypto itu juga berlaku sama dengan uang dunia nyata? Jawabannya iya, sama. Sehingga, istilah dunia nyata dan dunia maya sekarang kita hilangkan karena pada dasarnya uang itu berlaku sama baik dalam dunia digital maupun nyata. Perbedaannya adalah, jika mata uang rupiah dalam bentuk digital ditransfer bisa langsung ke rekening bank umum, sedangkan mata uang crypto harus dikonversi dulu ke rupiah pada bank online barulah dapat ditransfer ke rekening bank umum.

Nah, sekarang kita bahas bank online. Bank online disini maksudnya adalah bank yang melayani tabungan dan setoran dalam bentuk uang crypto. Pada bank online yang besar seperti Indodax.com, mereka juga melayani konversi mata uang crypto ke rupiah. Beberapa bank online lain hanya menyediakan layanan simpan dan transfer mata uang crypto tanpa layanan tambahan berupa konversi ke rupiah.

Bank online melayani simpanan uang crypto dalam bentuk rekening uang crypto atau lebih dikenal dengan sebutan wallet atau dompet. Setiap mata uang crypto yang dilayani pada bank online masing-masing akan disediakan rekening atau wallet sendiri berdasarkan mata uang crypto. Jika pada bank umum kita biasanya membuka satu rekening untuk menampung rupiah, maka pada bank online kita bisa membuka banyak rekening atau wallet untuk menampung tiap jenis mata uang crypto.
BTC atau bitcoin merupakan jenis mata uang crypto yang memiliki nilai konversi ke rupiah paling tinggi. Per hari ini, jum’at 29 Mei 2020 nilai 1 BTC setara dengan Rp.140.000.000,- waw, nilai yang fantastis. Jadi, gimana cara mendapatkan uang crypto ini?, ya, tentu saja dengan bekerja. Simak terus ulasan berikut ini.
Mendapatkan mata uang crypto dapat dengan beberapa cara, mulai dari yang halal hingga yang haram. Sama seperti uang pada dasarnya dapat didapatkan dengan halal dan haram. Jadi bukan uangnya yang salah tapi cara mendapatkannya yang harus benar. Cara salah sih contohnya dengan berjudi. Didalam dunia online juga ada judi. Tapi disini saya akan membagikan contoh cara mendapatkan dengan baik tentunya.

1.       Claim

Claim atau istilah dalam Bahasa Indonesia adalah dapatkan apa yang menjadi hak kita dengan cara menyelesaikan tugas tertentu. Artinya kita harus menyelesaikan tugas yang diberikan barulah kita dapat melakukan claim uang crypto. Contoh: sebuah perusahaan meminta kita untuk membuka iklan dan harus ditayangkan dalam waktu beberapa detik atau menit baik di komputer kita maupun di handphone kita, setelah selesai waktu tayang iklan yang ditentukan kita dapat meng-claim sejumlah uang crypto sebagai imbalan dari hasil tayangan tersebut. Beberapa perusahaan yang menawarkan ini diantaranya bot Telegram, cryptoadd dan masih banyak yang lain. Ada juga perusahaan yang memang memberikan hak untuk claim uang crypto tanpa harus membuka iklan, dia hanya memberikan syarat untuk claim setiap sekian menit seperti contohnya bitshark. Jadi setiap sekian menit kita bekerja untuk mengambil atau claim uang crypto gratis yang diberikan oleh berbagai perusahaan tersebut. Perusahaan yang membagikan crypto tentunya karena mereka memiliki bisnis tertentu sehingga dari profit tersebut mereka memberikan seper sekian jumlah uang crypto yang dibagikan gratis dan dapat di claim oleh siapapun. Kita harus bekerja menunggu iklan sekian menit dan melakukan claim secara manual.

2.       Mining

Mining merupakan langkah yang lebih praktis dalam mendapatkan uang online. Disini tidak perlu menunggu sekian menit karena mining merupakan proses otomatisasi yang diprogram pada sebuah komputer untuk bekerja mendapatkan uang crypto dengan memanfaatkan Gigahize VGA Card yang dimiliki. Kalua boleh saya bercerita agar lebih mudah difahami seperti ini, mining, kata lain dari menambang. Biasanya dalam dunia pertambangan, ada yang memiliki lahan tambang, ada pekerja, dan ada alat untuk menambang baik berupa cangkul, bor, maupun mesin yang lebih canggih. Semakin canggih mesin maka jumlah hasil tambang akan semakin banyak. Nah, alat tambang disini adalah komputer, lebih spesifiknya VGA Card. Kita pasti tahu betul, ketika kita ingin mengakses data perlu kuota internet dan mendapatkan kuota internet harus bayar. Sekarang, oleh seseorang yang bernama Satoshi Nakamoto (2009) di Jepang sang penemu Bitcoin, ia balik. Dalam dunia internet kita punya kuota internet yang untuk melakukan akses terhadap data kita akan dibayar. Keren bukan?

Secara umum
Pemilik lahan mempunyai mineral tambang yang harus dibersihkan menjadi satu kesatuan minyak yang dapat dipakai. Untuk melakukan itu perlu orang dan alat kerja yang memadai. Dengan alat kerja berupa mesin yang lebih baik maka hasil tambang akan lebih cepat. Hasil tambang dapat dijual dan dijadikan uang dengan komisi yang disepakati.

Secara online
Pemilik lahan memiliki ragam data yang harus diselesaikan dan dipecahkan menjadi satu basis data yang utuh. Untuk melakukan hal itu perlu orang dan alat kerja yang memadai. Dengan alat kerja berupa Gigahize yang baik maka hasil tambang akan lebih cepat. Hasil tambang dapat dikonversi dan dijadikan uang dengan komisi yang disepakati.

3.       Trading

Jika anda pernah mengenal istilah saham maka menjelaskan trading sangat mudah untuk anda. Trading merupakan salah satu cara mendapatkan uang crypto dengan keberanian melemparkan sejumlah uang crypto untuk dipasarkan di pasar saham dengan harapan kenaikan dari harga saham tersebut. Jika ternyata saham turun maka uang yang kita lemparkan di pasar saham juga akan turun. Melakukan trading perlu keahlian, tidak boleh main-main karena hanya mereka yang pandai dalam urusan melihat grafik pasar saham yang dapat menjalankan trading dengan optimal.

4.       Investasi

Investasi adalah jalan satu satunya yang paling pasti dalam usaha mendapatkan uang crypto. Istilah investasi ini sama halnya dengan deposito di perbankan. Setiap perusahaan yang menawarkan investasi uang crypto akan memberikan portofolio keuntungan yang akan didapatkan di masa depan.

Sabang, 30 Mei 2020
Ditulis oleh : Muhammad Yasir

No comments:

Post a Comment