Wednesday, August 26, 2020

Beda Versi Windows 7 Beda Kapasitas RAM

Hai gan sobat eMYe, kali ini mimin tertarik berbagi ilmu seputar batas maksimal RAM atau Random Access Memory yang dapat digunakan sesuai jenis Windows nya. 

Sobat, mungkin sudah banyak yang tahu bahwa RAM dapat ditingkatkan pada Motherboard atau Mainboard apapun kecuali yang jenis memori on board. On board artinya memory sudah tertanam dalam Mainboard sehingga tidak bisa dicopot.  Jika Mainboard menyediakan ruang bongkar pasang memory sudah barang tentu artinya dapat ditingkatkan. 

Tapi sobat, meskipun bisa ditingkatkan, pada jenis Windows tertentu hanya dapat ditingkatkan sampai beberapa giga tertentu saja. Misalnya dari 2Gb, jika menggunakan Windows versi Windows 7 Ultimate 32bit, maka hanya bisa ditingkatkan sampai dengan 4Gb. Berikut daftar lengkap maksimal kekuatan RAM yang dapat di upgrade pada Windows 7.


VersiBatasi di Windows 32-bitBatasi di Windows 64-bit
Windows 7 Ultimate4 GB192 GB
Windows 7 Enterprise4 GB192 GB
Windows 7 profesional4 GB192 GB
Windows 7 Home Premium4 GB16 GB
Windows 7 Home Basic4 GB
8 GB
Windows 7 starter

Sumber : https://support.microsoft.com/id-id/help/978610/the-usable-memory-may-be-less-than-the-installed-memory-on-windows-7-b

Jadi sobat, ternyata jenis Windows yang kita gunakan sangat menentukan besaran RAM yang dapat kita upgrade.  Sekian dulu postingan hari ini, semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment